Jumat, 26 April 2013

13 Fakta Menarik Wisata Nikmat di Bali

13 Fakta Menarik Wisata Nikmat di Bali - Bali sering dianggap surga bagi para wisatawan lokal maupun asing. Pulau yang juga disebut tempat tinggal dewa ini memang memiliki keindahan alam memikat. Masyarakatnya pun ramah, budayanya sangat kental, dan kulinernya menggoda. Dilansir laman Lovely Planet, berikut pengalaman terbaik yang bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke Bali.


1. Festival budaya

Salah satu yang menarik di Bali adalah festival budaya dan upacara adat yang religius, berseni, dan penuh makna. Upacara ini hampir dilakukan setiap hari. Sambil menikmati kopi di kafe, Anda bisa menyaksikan serombongan orang dengan pakaian adat yang membawa pundi-pundi persembahan di atas kepala, memakai topeng Barong, dan berbagai atribut lain. Pemandangan yang belum tentu bisa didapatkan di tempat lain.

2. Tari Bali

Menakjubkan melihat bagaimana orang-orang meliukkan tubuhnya untuk menari. Tarian paling terkenal adalah tari Legong. Masyarakat setempat menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk meluweskan gerakan bola matanya ke jari-jari kakinya.

3. Sensasi spa

Entah hanya untuk menyegarkan tubuh atau mendapat ketenangan, wisatawan Bali selalu menyempatkan berkunjung ke spa. Sensasi spanya berbeda dari salon-salon biasa. Menggunakan bahan rempah sambil menikmati pemandangan terbuka.

4. Penginapan terbaik

Sebagai pulau yang sangat menghormati seni dan ketenangan, penginapan di Bali dibangun dengan arsitektur berseni yang memiliki fasilitas hotel berbintang. Pilihan lainnya homestay. Banyak keluarga yang menyediakan beberapa kamar sederhana untuk wisatawan. Meski fasilitas yang Anda dapatkan sangat sederhana, Anda bisa merasakan suasana kekerabatan yang akrab. Sekaligus belajar budaya dari mereka.

5. Makanan khas Bali

Makanan di Bali kaya akan bumbu dan rempah-rempah aromatik yang menggugah rasa. Demikian juga dengan cara penyajiannya yang tradisional.

6. Kerajinan tangan

Jika Anda ke Bali, rasanya tak sempurna jika tidak membawa kerajinan tangan yang dibuat penduduk aslinya. Ukiran, topeng, kain tenun, kipas, aksesori mote, atau lainnya. Hampir di sepanjang jalan di Bali terdapat kios-kios yang menjajakan kerajinan.

7. Ubud

Popularitas daerah ini nomor dua setelah Kuta. Ubud juga dikenal sebagai jantung seni di Bali yang memancarkan daya tarik spiritual. Jalan-jalan dipenuhi dengan galeri, di mana seniman dari generasi berbeda pamer karya. Belum lagi pertunjukan seni di malam hari dan museum yang menyimpan benda kuno. Ubud juga menyajikan pemandangan terasering sempurna. Pemandangan hijau ini sering dipilih sebagai spot yoga terbaik.

8. Iringan gamelan

Ingin menikmati Bali yang sesungguhnya, datang saja ke tempat-tempat yang menyuguhkan orkestra gamelan. Alunan musik tradisional ini paling tepat untuk membuang kepenatan.

9. Olahraga laut

Bosan menikmati hingar bingar Bali, Anda bisa merantau ke dalam laut. Diving dan snorkeling. Banyak spot yang menjanjikan keindahan taman bawah laut. Tulamben, Padang Bai, Nusa Lembongan, Tanjung Benoa, dan lainnya. Atau jika menginginkan olahraga air yang lebih menantang, coba surfing.

10. Pantai

Bali dikelilingi pantai-pantai pasir putih. Anda dapat menikmati suasana tropis dengan tebing-tebing kapur yang menjulang. Beberapa pantai juga dibuka sebagai pantai privat yang hanya bisa diakses dengan persyaratan tertentu.

11. Seafood

Menikmati hidangan seafood di pantai ber-sunset juga cara mudah merasai Bali. Makanan laut ini memang menjadi andalan untuk disajikan bagi para turis. Tak hanya di tepi pantai, Anda bisa menemukannya di pinggir-pinggir jalan.

12. Seminyak

Seminyak disebut sebagai pusat kemewahan Bali. Anda akan menemukan butik-butik milik desainer lokal, koleksi paling eklektik dan menarik dari restoran, serta hotel butik kecil, juga kafe-kafe yang nyaman.

13. Pura Ulu Watu

Salah satu kuil paling suci di Bali adalah Pura Ulu Watu. Bertengger di tebing tinggi di sudut barat daya pulau. Pada abad ke-11, seorang imam Jawa berdoa di sini, dan sejak itu pula tempat ini disucikan. Di sekitarnya Anda masih bisa menemukan pemandangan hijau dengan monyet-monyet yang berkeliaran menggoda.

Previous
Next Post »