Rabu, 26 Juni 2013

Bagaimana Cara Menjadi Trending Topic di Twitter

Bagaimana Cara Menjadi Trending Topic di Twitter - Selama satu minggu terakhir, tim eXo bereksperimen untuk mendesain sebuah conversation agar bisa menjadi trending di Twitter. Beberapa hashtag yang kami buat berhasil merajai tren no.1 tidak hanya di Indonesia melainkan di seluruh dunia (worldwide trends) selama beberapa hari berganti-ganti. Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk membuat sebuah topik menjadi tren, sebaiknya kita perlu ketahui dulu apa itu trending topic dan bagaimana cara kerjanya.

Melalui blognya, Twitter pernah menjelaskan mengenai bagaimana algoritma Twitter mendiagnosa sebuah topik dari sejak mulai diperbincangkan hingga kemudian menjadi tren. Secara sederhananya, trending topic bukan sekedar topik yang paling banyak diperbincangkan, namun juga topik yang terbaru. Fitur ini diciptakan untuk membantu penggunanya memperoleh informasi yang terbaru seperti breaking news, dari berbagai belahan dunia secara real-time.


Sebuah topik dapat menjadi tren ketika jumlah tweet dengan topik tertentu meningkat secara drastis dalam waktu yang singkat. Hal ini lah yang menjadikan hashtag seperti bencana alam cepat sekali masuk ke dalam daftar trending topic, sedangkan tweet yang membicarakan artis tidak selalu masuk ke dalam daftar. Kita menyebutnya “Bieber Effect”. Sebagai salah satu akun Twitter dengan jumlah followers terbanyak, topik terkait Justin Bieber akan selalu banyak diperbincangkan. Namun selama tidak ada penambahan volume tweet yang meningkat drastis terkait Justin Bieber, topik ini tidak akan masuk ke dalam daftar tren.

Berikut ini adalah beberapa poin hasil riset dan pengamatan kami untuk dapat menjadikan sebuah topik menjadi tren,

1. Jumlah tweet yang lebih banyak tidak dapat menjadikan tren, namun jumlah pengguna yang melakukan tweet –lah yang menentukan. Hal ini telah sering dibuktikan dan Twitter sendiri telah mengkonfirmasi.
2. Jangan sekedar menggunakan influencer yang memiliki follower banyak. Gunakan influencer yang memiliki follower sesuai dengan topik pembicaraan yang dituju, karena mereka lah yang akan jadi corong dalam menyebarkan topik tersebut ke follower mereka.
3. Gunakan hashtag yang catchy dan menarik untuk menjadi viral.
4. Luncurkan topik yang ingin dijadikan tren saat tidak ada pembicaraan lain di Twitter yang tengah menarik untuk dibicarakan.
5. Semakin tersebar lokasi geografis pengguna, semakin besar kemungkinan untuk menjadi tren.
6. Perhatikan zona waktu negara. Kesempatan agar topik yang kita angkat memasuki daftar worldwide trends semakin besar apabila pengguna Twitter di negara-negara seperti Amerika dan Eropa tengah tertidur.

Jika anda memiliki tips atau ingin tau lebih banyak tentang menjadikan sebuah topik menjadi tren melalui Twitter, silahkan memberikan komentar pada kolom di bawah ini atau melalui email: ask[at]exodigitalagency[dot]com .

General guidelines on how to trend a topic

1. DO NOT SPAM! Your tweet should NOT look like this:
#kpop #kpop #kpop #kpop #kpop #kpop #kpop #kpop
OR
#music #music #music #music #music #music #music #music
OR
#kpop #music #kpop #music#kpop #music#kpop #music

THAT IS SPAM AND IT DOES NOT COUNT (plus it's annoying)


2. DO NOT DO IT BEFORE THE DESIGNATED TIME
The way trending topics work is for a mass amount of people to tweet the same hash-tag at the same time. If you start doing it earlier than the designated time … it'll be pointless and it will not make trending topics, which is what we want!


3. IT ISN'T THE NUMBER OF TWEETS, BUT THE NUMBER OF PEOPLE TWEETING.
The more people we have doing this, the more successful it will be!
You might want to force/ask/ even begging your friend, followers, etc to type #kpop ONCE per tweet! (Don't forget to say Thanks when they did  )


4. UNLOCK YOUR ACCOUNT DURING TRENDING!
It will not show up in trending topics if your account is set to private! Just unlock it for the time being and as soon as you are done tweeting for the day/night, you can reset it to private.


5. ONE HASH-TAG PER TWEET.
If we got 2 Topics to trend, PLEASE REMEMBER THIS.
Because that is also spam, and spam is unwanted.
Sadly, you can't put both #kpop and #music in one tweet because it will NOT BE COUNTED.

Good tweet:
I love #kpop so much!
OR
I love #music so much!

Bad tweet:
I love #music so much, mainly #kpop! –> Will not be considered by Twitter ):

6. DO NOT PLACE LONE HASHTAGS or word that you're trying to trend
It won't be counted either! Add some sentences inside your tweet 

Good tweet:
I love #kpop more than anything! OR do you know how much iLOVEkpop

Bad tweet:
#kpop <— Typing only this OR typing only this —> iLOVEkpop


-----------------------

1. Dilarang menuliskan hashtag '#' yang mau di jadikan trending dalam jumlah banyak dalam SATU tweet!

2. Tweet topic yang akan dijadikan trending (mis. #ilovekpop) tepat pada waktu yang telah ditentukan, jangan tweet sebelum waktu yang ditentukan karena tidak akan terhitung.

3. Perhitungan topic yang akan menjadi TT BUKAN berdasarkan seberapa banyak / seberapa sering kita men-tweet topic tersebut, tetapi tergantung pada seberapa BANYAK orang yang men-tweet topic tersebut pada waktu yang sama.

jadi sebenernya, seberapa banyakpun hashtag/topic yang kita tweet, pihak twitter hanya akan menghitung 1. Biar project TTnya sukses, carilah masa sebanyak-banyaknya!

4. Unlock twitter kamu biar tweet kamu yg mengandung hashtag/topic akan terhitung dan ga jadi useless

5. Jangan hanya menuliskan hashtag / topic yg ingin dijadikan trend dalam tweet tapi gabungkan dalam sebuah kalimat.

contohnya >>> V: #ilovekpop cause kpop is cool! | X: #ilovekpop

Previous
Next Post »