Minggu, 16 Maret 2014

Buah Alpukat : Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

Apokat (KBBI: Avokad), alpukat, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Manfaat dan khasiat daun alpukat

Manfaat dan khasiat daun alpukat antara lain adalah daun alpukat mempunyai khasiat anti bakteri dan dapat melancarkan air seni. Selain itu daun alpukat dapat mengobati penyakit batu ginjal, daun alpukat dapat mengobati sakit perut, sakit pinggang dan hipertensi.
Cara menggunakan daun alpukat sebagai obat adalah seperti dibawah ini:

1. Cara mengobati penyakit batu ginjal dengan daun alpukat

Ambil 7 lembar daun alpukat
Seduh dengan 100 ml air panas
Minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore hingga batu ginjal keluar

2. Cara mengobati sakit perut dengan daun alpukat

Abil 5 gram daun alpukat segar,
5 gram Akar temu kelinci,
6 gram rimpang kunyit segar,
daaun pegagan segar sebanak 6 gram, Air 115 ml.
Rebus hingga mendidih lalu dinginkan
Minum air rebusan sehari sekali satu gelas

3. Cara mengobati sakit Pinggang dengan daun alpukat

Ambil 5 helai daun alpukat
Tambahkan air 2 gelas lalu rebus hingga airnya tinggal segelas
Diamkan air rebusan daun alpukat selama 1 malam

Keesokan harinya baru diminum. Lakukan cara pengobatan ini 1 minggu, insya Allah sakit pinggang anda akan sembuh
4. Cara mengobati hipertensi dengan daun alpukat

Ambil 3 helai daun alpukat, cuci bersih
Seduh dengan segelas air panas
Dinginkan lalu minum, lakukan tiap satu kali sehari, insyah Allah hipertensi Anda akan sembuh.


Berikut ini adalah Kandungan Gizi Tiap 100 Gram Buah Alpukat Segar diantaranya :

Kandungan zat gizi Jumlah
Kalori 85,00 kal
Protein 0,90 g
Lemak 6,50 g
Karbohidrat 7,70 g
Kalsium (Ca) 10,00 mg
Fosfor (P) 20,00 mg
Zat Besi (Fe) 0,90 mg
Vitamin A 180,00 S.I.
Vitamin B1 0,05 mg
Vitamin C 13,00 mg
Air 84,30 mg
Serat 1,40 g
Bagian dapat dimakan 61,00%


Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Mencegah resiko penyakit strokeKandungan Asam Folat dalam Buah Avokad ini berpotensi mencegah resiko penyakit stroke. Caranya cukup dengan makan satu buah alpukat dalam sehari secara rutin.
Menangkal radikal bebasKandungan Vitamin E, C atupun flavonoid akan menagkal radikal bebas. Sedangkan radikal bebas adlah penyebab utama timbulnya penyakt kanker. Konsumsi saja setip hari.
Menjaga kesehatan mataKandungan vitamin A dalam buah alpukat berperan dalam melindungi mata dari degenerasi katarak dan makula.
Menjaga kesehatan jantung Kandungan asam folat yang tinggi akan menjaga kesehatan jantung. Satu gelas alpukat mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan tubuh.
Penyembuh Sakit MaagKalau terkan sakit maag ringan makan sari biji buah alpukat. Karena buah ini bisa mengoabati penyakit maag yang menyerang anda.
Mencegah kanker prostat. Senyawa yang terkandung dalam buah alpukat dapat mencari sel kanker yang baru timbul dan kemudian menghancurkannya tanpa merusak sel-sel kesehatan lainnya.
Membantu Turunkan Kolesterol. Kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol.


Manfaat Buah Alpukat utnuk kecantikan

Untuk mata yang bengkak.. Caranya Ambil alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit. Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit. lalu bilas dengan air bersih.
Untuk Masker wajah. Caranya Potong alpukat menjadi dua bagian. Kemudian blender 1/2 bagian, tambahkan madu sebanyak 1/4 cangkir. Ratakan pada wajah. Biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Cara ini sangat cocok untuk kulit kering
Rambut lembut dan bersinar. Caranya Campurkan sepotong alpukat (1/2 rambut pendek), sebutir kuning telur, 1/2 sendok teh minyak zaitun. Ratakan pada rambut dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Kemudian bersihkan dengan shampo dan conditioner seperti biasa.
Tangan halus dan lembut. Caranya Campurkan 1/4 bagian dari alpukat dengan 1 butir putih telur, 2 sendok makan outmeal, dan satu sendok makan lemon joice. Campurkan lalu ratakan pada tangan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan keringkan.


Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Memang alpukat merupakan salah satu buah lezat yang memiliki rasa hambar, akan tetapi bukan hnaya daging buahnya yang bisa kita konsumsi, manfaat biji alpukat juga sangat baik untuk kesehatan dan berikut adalah beberapa dari manfaat yang bisa kita dapatkan :
Dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.
Sebagai obat sakit maag.
Dapat mengobati penyakit kencing manis (diabetes) terutama diabetes melitus.
Mampu menghilangkan stress akibat aktivitas yang padat.
Sebagai obat sariawan.
Mampu menghilangkan rasa nyeri
Di atas adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi biji alpukat. Untuk mengkonsumsinya ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan dan salah satunya adalah dengan meminum rebusan dari biji alpukat.

Previous
Next Post »