Selasa, 27 Mei 2014

5 Cara Optimalkan Situs Bisnis untuk SEO Lokal

5 Cara Optimalkan Situs Bisnis untuk SEO Lokal - Pencarian lokal merupakan peluang marketing yang terus berkembang untuk UMKM. Hal ini sangat penting terutama karena perangkat bergerak (mobile devices) jumlahnya akan melampaui komputer desktop yang lebih mahal dan statis untuk penggunaan Internet dalam beberapa tahun mendatang dan ini akan memberikan dampak besar pada perusahaan dalam berbagai skala.

Inilah 5 cara yang menurut David Tully seorang pakar dan trainer SEO Fast Growth Club dapat memperbesar peluang situs bisnis Anda ditemukan pengguna Internet di halaman mesin pencari:

1) Perhatikan Google Places! Apakah bisnis Anda sudah terdaftar di sana? Jika belum, segera daftarkan. Masukkan pula bisnis Anda ke berbagai daftar (listing) yang relevan di dunia online. Cantumkan alamat yang jelas, alamat email yang aktif, nomor telepon dan URL situs bisnis ke daftar tersebut agar makin bayak pengunjung lokal menyadari keberadaan usaha Anda dan pada akhirnya membeli produk/ jasa Anda. Peluang pelanggan akan membeli makin tinggi jika bisnis Anda mudah ditemui di Internet (mesin pencari dan jejaring sosial).

2) Local SEO berarti bisnis Anda terdaftar dengan detil yang tepat serta membidik pengguna Internet berdasar lokasi. Ini bisa dilakukan dengan memasang iklan Facebook berdasarkan lokasi pengguna, usia dan faktor demografis lain. Pemasaran akan lebih efektif dan efisien. Anda juga bisa memasang iklan di Google dan Bing dengan membayar agar bisnis Anda ditunjukkan pada pengguna Internet di bagian atas daftar hasil pencarian.

3) Cara lain untuk menambah peluang konsumen lokal datang ialah dengan mendorong orang memberikan review untuk bisnis Anda di berbagai layanan seperti Google Places, Yelp, Foursquare dan untuk lokal Indonesia, Urbanesia, dan sejenisnya. Makin banyak review, makin tinggi rate yang didapat, makin tinggi peluang bisnis Anda ditemukan di hasil pencarian. Setiap Anda menjual, tanyakan pada pelanggan secara sopan apakah mereka bersedia memberikan review atau ulasan singkat tentang bisnis Anda untuk meningkatkan skor Anda.

4) Anda juga bisa mulai mempromosikan bisnis Anda melalui kupon, hadiah dan lomba yang membidik pengguna perangkat bergerak untuk meningkatkan peluang ditemukan di jejaring sosial dan mesin pencari. Mesin pencari seperti Google menggunakan percakapan di jejaring sosial untuk menaksir tinggi tidaknya pengaruh dan kepopuleran sebuah brand dan makin proaktif Anda seharusnya pada pengguna.

5) Jika memungkinkan, buat aplikasi khusus smartphone untuk bisnis Anda agar memberikan nilai tambah bagi pengunjung. Itu dapat dilakukan setelah usaha Anda cukup stabil dan memiliki dana yang relatif memadai.

Anda tidak perlu menyewa jasa pakar SEO untuk melakukannya jika memiliki banyak waktu dan cukup familiar dengan Internet. Sebagai entrepreneur, berpikirlah simpel dengan memahami bahwa orang banyak mencari UMKM lokal yang dapat memenuhi kebutuhan mereka segera dan bisa dikujungi saat ingin membeli langsung.(*Akhlis/ciputraentrepreneurship.com)

Previous
Next Post »