Sabtu, 12 Juli 2014

Cara Membuka Password Handphone Yang Ter Lock atau Hilang

Jika ponsel hilang dalam keadaan terkunci (dipasang password oleh user) bisakah yang menemukannya membuka ponsel tersebut? (Nuryati)


Jawaban:

Sangat tergantung dengan password yang dibuat oleh user. Password standar, mudah diingat, tapi mudah ditebak. Bahkan tidak disarankan untuk membuat password dalam urutan angka, atau dari tanggal lahir kita, karena kebiasaan tersebut mudah ditebak.

Jika passwordnya baik, sangat sulit dibuka. Yang mungkin dilakukan penemu/ pencuri adalah meresetnya. Ketika di reset data-data akan hilang. Tetapi data di memory card kemungkinan tetap ada.

Jadi ketika data kita krusial, ada baiknya membiasakan diri membuat enkripsi data dengan bantuan banyak aplikasi yang disediakan gratis. Jika ponsel Anda Android, ada baiknya senantiasa mengecek di bagian setting, security, device adminsitrators, dan aktifkan Android Device Manager.

Dengan ini posisi ponsel kita bisa di pantau melalui komputer atau smartphone lain dengan dua cara. 

1. masuk ke web di alamat, masukkan akun Google kita, dan kita bisa melihat posisi smartphone, termasuk membunyikannya bahkan menghapus datanya.

2. engan menginstal aplikasinya Android Device Manager di smartphone lain Android yang bisa diunduh di sini.

Untuk smartphone dari Apple, bisa mengaktifkan fungsi yang sama di Find My iPhone. Negara Amerika dalam waktu dekat akan membuat regulasi bahwa smartphone harus memiliki kill switch, jadi ketika hilang, tanpa memasukkan akun yang sah, tidak bisa digunakan.

Hal ini diberlakukan untuk mengatasi pencurian smartphone yang semakin marak. Kemungkinan, kita juga akan bisa memanfaatkan fitur tersebut nantinya.

Previous
Next Post »