Sabtu, 12 Juli 2014

Charging Ponsel Pakai Power Bank kok Baterai Malah Berkurang?

Charging Ponsel Pakai Power Bank kok Baterai Malah Berkurang? Saya pengguna smartphone Samsung Galaxy S III. Saat itu saya menggunakan power bank untuk men-charge. Namun bukannya mengisi justru malah baterai ponsel saya berkurang. Mengapa bisa demikian? (Astri Kurnia)


Jawaban:

Power Bank ini memang sekarang sangat ngetop, kebanyakan orang yang memiliki smartphone/tablet menggunakannya untuk backup men-charge baterai ketika tidak ada colokan listrik. Merk dan kapasitasnya pun bermacam-macam, termasuk juga kualitas dan harganya.

Mudah sekali kita menemukan kapasitas powerbank yang sama, tetapi harganya berbeda cukup besar. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Misalnya apakah sungguh kapasitas baterainya sesuai dengan yang tertulis di label. Baterai jenis apa yang digunakan di dalamnya. Rangkaian pengaman apa yang disiapkan untuk menjamin besaran arus yang masuk ke smartphone, apakah ada teknologi penghenti otomatis charging ketika sudah penuh dan lain-lain.

Sejatinya, powerbank itu harus memiliki pengaman yang menjamin kalau arus hanya bisa keluar dari powerbank ke ponsel, bukan terbalik. Untuk mengisi daya powerbank sendiri, biasanya sudah dipisahkan slot pengisiannya, berbeda dengan slot untuk mengeluarkan arus.

Jadi kemungkinan pada kasus Anda, powerbank yang digunakan kurang bagus kualitasnya, sehingga arah pengisian malah sebaliknya.

Terkadang juga ada arus yang keluar dari powerbank tidak cukup besar, sehingga ketika dilakukan penge-charge-an, daya yang digunakan smartphone lebih besar dari yang di-supply powerbank, sehingga baterai smartphone tetap berkurang atau habis.

Previous
Next Post »