Rabu, 27 Agustus 2014

Dengan Tertawa anda Terhindar Dari Pikun Dan Pelupa

Dengan Tertawa anda Terhindar Dari Pikun Dan Pelupa
Dengan Tertawa anda Terhindar Dari Pikun Dan Pelupa - Di era Orde Baru, Trio DKI (Dono, Kasino, Indro) punya ungkapan; 'tertawalah sebelum tertawa itu dilarang' untuk 'ngeledek' penguasa. Kini di AS, sejumlah pakar mengatakan; "Tertawalah agar Anda tidak menjadi pelupa."

Sejumlah peneliti dari Universitas Loma Linda, California, menemukan bukti tertawa membuat seseorang -- terutama mereka yang beranjak tua -- mampu mengingat sesuatu dengan baik. Sedangkan stress, masih menurut peneliti seperti dilaporkan ABC News, memiliki efek negatif bagi daya ingat.

Tidak mudah mengambil kesimpulan ini. Peneliti meminta 20 orang dewasa yang sehat untuk menonton video lucu selama 20 menit. Pada saat sama, kelompok lain duduk di sebuah ruang tanpa menonton film.

Setelah itu, kedua kelompok melakukan tes memori. Peneliti juga mengambil sampel air liur kedua kelompok untuk pengujian hormon stres kortisol.

Hasil pengujian memori menunjukan orang-orang yang menonton video lucu memiliki ingatan jangka pendek jauh lebih baik, dibanding mereka yang tidak tertawa. Tingkat kortisol dalam air liur orang yang tertawa juga jauh lebih rendah.

"Tertawa dengan teman, atau menonton video lucu, membantu saya mengatasi stres sehari-hari," ujar Gurinder Bains, penulis penelitian itu.

Dia juga menambahkan orang-orang yang jarang stres cenderung memiliki ingatan lebih baik. Karena, kata Bains, tertawa meningkatkan endorfin dalam tubuh dan mengirim dopamin ke otak, serta memberikan rasa bahagia.
-inilah.com-

Previous
Next Post »

Posting Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan Admin Tempepenyet.com. Admin berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.