Rabu, 27 Agustus 2014

Sudah Minum Kopi Kah Hari Ini - Simak Manfaat Minum Kopi !!

Sudah Minum Kopi Kah Hari Ini - Simak Manfaat Minum Kopi !! - Setengah orang AS memulai hari dengan kopi, dan studi terbaru memperlihatkan menenggak kopi sebelum berangkat kerja berpotensi menurunkan berat badan.Penelitian di Spanyol, yang diterbitkan International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, menemukan atlet yang mengkonsumsi kafein sebelum latihan mampu membakar sekitar 15 persen lebih banyak kalori selama tiga jam pasca latihan, dibanding atlet yang menelan plasebo.
Sudah Minum Kopi Kah Hari Ini - Simak Manfaat Minum Kopi !!

Dosis yang memicu efek ini adalah 4,5 miligarm kafein per kilogram berat badan. Jika Anda wanita dengan berat 150 pon, membutuhkan kira-kira 300 miligram kafein -- sama dengan menyeduh 12 ons kopi -- setiap pagi.

Jika Anda berolahraga, kafein menawarkan fungsi latihan. Berikut lima alasan menikmati kopi sebagai bagian gaya hidup, plus lima aturan untuk sehat bersama kafein.


Peningkatan sirkulasi

Penelitian di Jepang baru-baru ini mempelajari efek kopi pada sirkulasi darah pada orang bukan peminum kopi. Penelitian melibatkan banyak peserta. Setiap peserta minum lima cangkir kopi biasa atau tanpa kafein.

Setelah itu para ilmuwan mengukur aliran darah jari, dan seberapa baik pembuluh darah kecil di sekujur tubuh bekerja.

Mereka yang terkafenisasi mengalami peningkatan aliran darah sebesar 30 persen selama 75 menit, dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi kafein (decaf).


Mengurangi Rasa Sakit

Ilmuwan di Universitas Illinois menemukan mengkonsumsi kafein setara dengan dua sampai tiga cangkir kopi satu jam sebelum pertandingan atau latihan intensitas tinggi, membuat rasa nyerit otot berkurang. Kafein dapat membantu memacu otot lebih keras selama latihan, sehingga terjadi perbaikan kekuatan otot dan daya tahan.


Ingatan Lebih Baik

Studi John Hopkins Universitas menunjukan kafein meningkatkan ingatan hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Peneliti memberikan kopi kepada relawan penelitian yang tidak rutin mengkonsumsi kafein. Mereka diberi 200 miligram kafein lima menit sebelum mempelajari serangkaian gambar. Keesokan hari, mereka diminta membuat gambar yang diingat. Kelompok yang meminum kopi bisa menggambar secara signifikan.

Seorang atlet tidak melulu berlatih fisik. Mereka juga harus meningkatkan daya ingat lewat latihan rutin.


Melestarikan Otot

Dalam studi hewan, ilmuwan olahraga di Coventry University menemukan kafein membantu mengimbangi hilangnya kekuatan otot yang mengalami penuaan. Efek protektif terlihat di kedua diagragma; otot utama yang digunakan untuk bernafas dan otot rangka.

Penelitian lain juga menunjukan kafein dapat membantu melestarikan kebugaran secara keseluruhan, dan mengurangi risiko cedera karena faktor usia.


Menambah bahan bakar otot

Studi terbaru yang dipublikasikan Journal of Applied Physiology menemukan sedikit kafein pasca-latihan bermanfaat bagi atlet yang melakukan latihan setiap hari.

Penelitian juga menemukan dibanding mengkonsumsi karbohidrat, kafein meghasilkan peningkatan 66 persen glikogen otot empat jam setelah latihan intens. Glikogen, bentuk karbohidrat yang disimpan di otot, berfunsi sebagai energi 'piggy/bank' selama latihan, untuk daya tahan bergerak, dan daya tahan bahan bakar.


Namun bukan berarti Anda harus minum kopi sebanyak mungkin. Jika dilakukan, hanya akan menjadi bumerang. Ada lima aturan dasar untuk menuai manfaat kafein:

Jangan berlebihan: Jumlah maksimun kafein yang direkomendasikan, agar tidak menimbulkan efek samping, minimal enam miligram per kilogram berat badan. Atau sekitar 400 miligram per hari, atau sama dengan 16 ons kopi bagi wanita dengan berat 150 pon.

Mencampur dengan cara sehat: Dokter menyarankan kopi dicampur almond dan kayu manis, bukan krim atau gula. Atau tuangkan kopi, atau teh, ke dalam buah-buah smooth bersama dengan bahan-bahan kaya nutrisi lain; almond, mentega, gandum dan quinoa.

Konsisten dengan asupan: Penelitian menunjukan ketika asupan kafein stabil, tubuh Anda menyesuaikan untuk melawan dehidrasi, meski kafein adalah diureik alami. Dengan kata lain, jangan konsumsi kopi dua atau empat cangkir sehari.

Teruslah minum H20. Ini minuman utama pilihan Anda.

Konsumsi kafein enam jam sebelum tidur. Ini untuk mencegah gangguan tidur. Jika Anda mengandalkan kafein sebagai penambah energi karena lelah, cari dulu akar masalah yang membuat lelah. Karena, bisa saja kelelahan disebabkan sedikit tidur, berlebih latihan, atau diet yang tidak memadai.

Previous
Next Post »