Selasa, 26 Agustus 2014

Travelling ke Lombok

Pulau Lombok adalah salah satu tujuan wisata di Indonesia yang diimpikan banyak traveler lokal maupun asing karena di sini terdapat banyak sekali tempat wisata yang masih alami. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan di Lombok adalah deretan beberapa pulau kecil seperti Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, karena keindahan lautnya serta udaranya yang masih asri dan bebas polusi.
Travelling ke Lombok

Pulau Lombok juga memiliki banyak pantai yang menawan dan bersih. Beberapa pantai yang terkenal seperti Pantai Senggigi dan Pantai Kuta menawarkan suasana pantai yang menyegarkan, asri dan tentunya akan membuat Anda terpesona. Selain wisata pulau dan pantai, Pulau Lombok juga memiliki wisata alam yang tak kalah indahnya, seperti wisata Air Terjun Sendang Gile, Benang Setukel, Air Terjun tiga warna, dan masih banyak lagi. Tidak kalah juga taman-taman peninggalan kerajaan hindu di lombok seperti Mayura, Narmada, Suranadi, Lingsar dan Pura Batu Bolong.

Anda suka belanja? Jangan khawatir, Lombok juga mempunyai oleh-oleh khas daerah yang telah mendunia seperti mutiara, perak serta kerajinan tangan lainnya. Jangan tanya masalah kualitas, karena kerajinan dari masyarakat daerah ini sering di ekspor ke luar negeri. Selain beberapa tujuan wisata yang di sebutkan di atas, Pulau Lombok juga mempunyai wisata alam seperti Gunung Rinjani sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia, serta perjalanan ke Pulau Komodo yang merupakan tempat naga terakhir di bumi.



Melihat banyaknya destinasi wisata yang bisa Anda temukan di Lombok, maka biaya untuk menuju kesanapun tentunya tidak murah. Walaupun demikian, kita masih bisa menikmati liburan murah ke Lombok dengan backpacking. Berikut gambaran rincian biaya jika Anda memutuskan melakukan wisata ala Backpacker ke Lombok dengan biaya yang murah tapi tetap seru tentunya.

Biaya Transportasi ala Backpacker ke Lombok
Berikut ini rincian perjalanan menuju Lombok dari Jakarta ala backpacker.
Jakarta ke Jogja : turun di Lempuyangan
Untuk menuju Lempuyangan di Jogja, Anda bisa menggunakan kereta ekonomi dengan tarif berkisar Rp.30.000 - Rp.45.000. Berikut beberapa pilihan kereta beserta stasiun dan jam keberangkatannya.
1. Gaya Baru Malam
Berangkat dari Jakarta Kota : 12.00 WIB
Tiba di Lempuyangan : 21.27 WIB
Harga Tiket : Rp 28.000,-

2. Progo
Berangkat dari Pasar Senen : 21.00 WIB
Tiba di Lempuyangan : 06.45 WIB
Harga Tiket : Rp 38.000,-

3. Bengawan
Berangkat dari Tanah Abang : 19.30 WIB
Tiba di Lempuyanagn : 05.40 WIB
Harga Tiket : Rp 38.000,-

Dari Jogjakarta, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dengan menggunakan kereta ekonomi dengan tarif sekitar Rp. 35.000. Kemudian menujulah ke Pelabuhan Ketapang, jaraknya kurang lebih 300 meter dari stasiun. Jadi Anda bisa berjalan kali menuju pelabuhan untuk menyeberang ke Gilimanuk.

Ketapang ke Gilimanuk
Harga tiket kapal laut dari Ketapang ke Gilimmanuk sekitar Rp. 10.000

Gilimanuk ke Padang Bai
Setelah tiba di Gilimanuk, carilah bus menuju Padang Bai. Tarif Bus langsung biasanya sekitar Rp. 45.000. Jika tidak ketemu, Anda bisa transit terlebih dahulu ke Ubung. Tarif bus ke Ubung sekitar Rp.30.000. Dari Ubung, Anda bisa naik angkutan umum menjuju Padang Bai dengan tarif sekitar Rp. 15.000.

Padang bai ke Lembar
Naik kapal ferry sekitar Rp. 31000 (data 1 tahun lalu)

Lembar ke bertais
Naik angkutan umum L300 warna putih dengan harga Rp. 10.000

Ke Tempat Wisata di Lombok
Berikut ini beberapa tujuan wisata di Lombok lengkap dengan biayanya.
Bertais ke gili trawangan
Naik angkutan umum L300 warna putih ke arah tanjung (minta berhenti di Pemenang) seharga Rp.10.000. Kemudian naik cidomo/ojek sekitar Rp.5.000 ke pelabuhan bangsal, naik kapal boat untuk nyebrang ke gili seharga Rp.10.000/orang

Bertais Ke Senggigi
Naik angkutan umum jenis Suzuki carry (biasa disebut bemo) Rp.2.000 turun di ampenan.
Naik carry box ke arah tanjung Rp.5.000 Turun di pantai yang anda inginkan.

Bertais Ke Kuta Lombok
Naik angkutan umum L300 warna putih ke arah terminal praya Rp.10.000. Atau Anda bisa naik ojek ke kuta dengan tarif Rp. 25.000.

Bertais ke Taman Narmada
Naik minibus Mitsubishi yang biasa disebut engkel dan turun di Narmada, tarifnya Rp. 5.000

Namun jika Anda bepergia sendiri atau dua orang, lebih baik menyewa motor. Selain Anda lebih hemat, Anda bisa berkeliling sepuasnya menuju tempat-tempat wisata lainnya. Biaya sewa motor sekitar Rp.45.000/hari.

Penginapan Murah di Pulau Lombok
Hotel di Sengigi
Hotel lombok: hotel asri , berlokasi di Pinggir Pantai, Kawasan Senggigi Room Rates
Standard: Rp.100.000/malam Standard TV : Rp.125.000/malam

Hotel Athithi: Berlokasi di Pinggir Pantai, Kawasan Senggigi Room Rates
Standard: Rp.110.000/malam VIP (AC & TV) : Rp.160.000/malam

Lihat juga hotel murah di Senggigi lainnya.

Di Mataram
Beberapa hotel mdi Mataram seperti hotel melati, Hotel sudi inn, Asri homstay, berkisar antara Rp.100.000-Rp150.000. Cek juga disini untuk penginapan murah di Lombok lainnya.

Di Gili Trawangan
Untuk hotel di Gili Trawangan berkisar antara Rp 100.000- satu jutaan, semakin jauh dari pantai semakin murah.Kamu bisa lihat dan booking lansung di halaman ini.

Itulah sedikit gambaran mengenai transportasi dan biaya backpacker ke Lombok khususnya dari Jakarta. Jika Anda pernah melakukan backpacker di Lombok, jangan sungkan untuk membagikan pengalamannya kepada pembaca blog ini melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat dan happy travelling.

Previous
Next Post »