Kamis, 28 Agustus 2014

Tutorial Cara Membuat WPAP dengan Photoshop

Tutorial Cara Membuat WPAP dengan PhotoshopTutorial Cara Membuat WPAP dengan Photoshop - Tutorial Cara Membuat WPAP dengan Photoshop atau tutorial cara bikin wpap dengan photoshop untuk desainer grafis dan pecinta Wedha’s Pop Art Portrait WPAP. Wedhas’s Pop Art Portrait atau lebih dikenal dengan singkatan WPAP yang ngetren di Indonesia itu ternyata juga bisa dibuat dengan adobe photoshop. Selama ini setiap kita melihat karya seni rupa pop art, selalu saja yang tersaji adalah karya yang penuh warna meriah. Wpap yang kemudian meroket menjadi bahasan hangat di berbagai media bahkan di dunia maya. Dengan ciri khas dan gayanya yang nyeleneh, unik dan penuh warna berseberangan menjadi corak alternatif desain modern untuk mengekspresikan karya seni.

Teknik dan cara pembuatan wpap mempunyai bermacam-macam metode, pada dasarnya menggunakan teknik tracing / menjiplak / ngeblat yang disesuaikan dengan gaya wpap yaitu berupa bidang dari garis lurus tak beraturan. Teknik tracing berupaya untuk menyederhanakan bentuk gambar kurva menjadi bidang bersudut sederhana. Sangat jarang wpap menggunakan kurva atau garis melengkung, bahkan tidak ada. Karena pada saat pembuatannya wpap menggunakan hanya garis luru. Kita bisa membuat seni wpap dengan program komputer untuk efektifitas pembuatan. Anda bisa membuat wpap dengan CorelDraw dan tentu saja Anda bisa membuat wpap dengan photoshop.


Dibalik ide dan penemuan WPAP adalah sebenarnya diawali dari tuntutan. Dimulai dari kejenuhan dan faktor usia yang membuat detail penglihatan Wedha menurun. Penemu wpap ini selanjutnya mencari alternatif cara melukis dengan lebih mudah dengan hasil sederhana tanpa mengurangi estetika dan dapat dikerjakan oleh mata ‘tua’ seperti yang dialaminya.
Dan mulailah pada sekitar tahun 1990-1991 beliau mengilustrasikan wajah manusia sebagai kumpulan bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis. Dengan berbagai pengalaman utak atik blok warna dan tuntutan kerja melukis untuk majalah hai Jakarta, Foto Marak Berkotak FMB berhasil ditemukan. Sejak teknik itu dipakai Wedha memposisikan dirinya sebagai penemu teknik seni rupa ini yang pada perjalannya diganti nama menjadi Wedhas’s Pop Art Portrait WPAP. WPAP adalah seni asli Indonesia dan bahkan digadang pertama di dunia. Apresiasi semakin memuncak dengan diterbitkannya sebuah komunitas wpap di dunia maya, Anda bisa akses di wpapcommunity.com

Cara Membuat WPAP dengan Photoshop


Dalam membuat ilustrasi WPAP memakai teknik tracing/jiplak. Namun tidak men-trace semua yang ada di foto tersebut, melainkan tracing yang kreatif yaitu tracingmenurut apa yang ada di kreatifitas anda.

Satu hal lagi, gaya WPAP ini terdiri dari garis-garis yang kaku, jadi hindari garis lengkung atau smooth curves.


1. Buka salah satu foto yang akan di-trace ke dalam PhotoshopFile Open… (Ctrl + O) Windows / (Cmd + O) Mac OS.
Tutorial WPAP


2. Aktifkan Pen Tool (P). Dan pastikan mode-nya dalam Shape Layers dan Style-nya ubah memakai 1 Px Stroke 0% Fill Opacity.

Adobe CS4

Adobe CS4

Adobe Photoshop CS4


3Trace bagian-bagian yang mempunyai batas-batas perbedaan warna, intensitas, ataupun gelap-terangnya. Pastikan membuat kurva yang tertutup.

Adobe Photoshop CS4


4Trace hingga seluruh bagian-bagian foto.

Adobe Photoshop CS4

Untuk memilih kurva-kurva yang sudah dibuat bisa menggunakan Path Selection Tool(A).

Adobe Photoshop CS4


5. Anda bisa merubah bentuk kurva dengan Direct Selection Tool (A) apabila dirasa ada yang kurang pas.

Adobe Photoshop CS4

Shortcut untuk mengganti tool dari Path Selection Tool ke Direct Selection Tool atau sebaliknya adalah dengan (Shift + A)

Tarik bagian titik-titiknya.

Adobe Photoshop CS4


6. Apabila ada kurva yang urutan layer-nya tidak sesuai bisa diatur urutan layer-nya di menu Layer Arrange 

Adobe Photoshop CS4

Ada beberapa menu Arrange:

Bring to Front: menjadikan layer yang dipilih berada di urutan teratas.
(Shift + Ctrl + ]) Windows / (Shift + Cmd + ]) Mac OS

Bring Forward: layer yang dipilih naik satu urutan menjadi di atas layer yang diatasnya.
Ctrl + ] ) Windows / ( Cmd + ] ) Mac OS

Send Backward: layer yang dipilih turun satu urutan menjadi di bawah layer yang dibawahnya.
Ctrl + [ ) Windows / ( Cmd + [ ) Mac OS

Send to Back: menjadikan layer yang dipilih berada di urutan terbawah.
Shift + Ctrl + [ ) Windows / ( Shift + Cmd + [ ) Mac OS


7. Pilih kurva jadikan settingan di layer-nya Fill menjadi 100%, klik di icon bergambar mata di sebelah tulisan Effects untuk menghillangkan efek garis. Dobel klik di Layer thumbnail untuk mengubah warna kurva yang dipilih.

Adobe Photoshop CS4


8. Dan warnailah dengan warna-warna popart, dengan artian warna-warna yang memberontak dari warna aslinya.

Adobe Photoshop CS4

Adobe Photoshop CS4


9. Anda bisa membuat desain background juga apabila dirasa terlalu kosong.

Adobe Photoshop CS4



Tutorial Cara Membuat WPAP dengan

Adobe Ilustrator

WPAP atau Wedha’s Pop Art Potrait adalah style design yang diperkenalkan oleh Wedha Abdul Rasyid pada tahun 1990-an di usianya yang ke 40. Latar belakangnya adalah usia yang sudah tidak muda lagi sehingga kemampuan dalam melukis wajah secara realistik menjadi semakin sulit karena indra penglihatannya yang sudah tidak setajam dulu. Maka beliau mulai mencari celah lain untuk menggambarkan sosok manusia dengan garis-garis imajiner dan bidang-bidang datar yang membentuk karakteristik wajah dan menggunakan warna-warna cerah untuk mempertegas wajah tersebut. Beliau telah mengalami proses panjang. Maka giliran kita untuk menghargainya. Kita bisa membuat WPAP sendiri. Caranya mudah. Kali ini saya akan menunjukkan panduannya. Selamat mencoba ;-)
1. Persiapan.
  • Pilihlah foto wajah yang High Resolution. Hal ini akan memudahkan anda membuat guratan dalam WPAP foto tersebut.
  • Gunakan Software berbasis Vector, seperti Coreldraw atau Adobe Ilustrator.
2. Membentuk Outline Mata, Hidung, Bibir.
Aturan dalam WPAP berbeda dengan pembuatan vector wajah. WPAP tidak perlu repot-repot mengikuti lengkungan wajah. Bidang yang dibuat WPAP “bersudut” untuk vector bidang yang dibuat membulat. Maka bentuk wajah dengan menggunakan bezier tools. Jangan menahan garis yang anda buat karena menyebabkan garis anda melengkung, dan tidak sesuai dengan style WPAP. Usahakan bidang yang anda buat tetap membentuk sudut, maksimal 140 derajat.
howto-wpap-1
Warnai sisi gelap terang, bisa dengan alat bantu eyedroper atau dengan menahan click pada palet warna sesuai keinginan anda.
howto-wpap-2
Maka jadilah sepasang mata.
howto-wpap-3
Untuk hidung dan bibir, gunakan bezier tools dan muat skin tone dari object tersebut dengan warna abu-abu.
howto-wpap-4
Untuk memudahkan memilih warna yang akan digunakan, kita buat skin tone vector dari wajahnya dulu. Skin tone adalah perbedaan warna gelap dan terang pada object wajah. Buat skintone, dengan memuat warna abu-abu dan pisahkan gelap terang dari warna kulit object. dan warna skin tone pada bagian kerudung.
howto-wpap-5
3. Pewarnaan WPAP.
Pewarnaan WPAP dilakukan dengan warna-warna cerah, akan tetapi tetap memperhatikan sisi gelap dan terang permukaan kulit yang menghasilkan perpaduan warna yang realistik dan elegant.
howto-wpap-6
Dengan bantuan Skin tone kita lebih mudah untuk membedakan gelap terang warna yang akan kita gunakan. Setelah diwarnai maka hasilnya menjadi seperti ini:
howto-wpap-7
Terakhir, hadiahkan desain anda pada mereka yang anda sayangi dan ingin beri kejutan. Untuk penggunaan tools-tools Coreldraw bisa dilihat di sini. Salam kreatif :-)

Tutorial Cara Membuat WPAP dengan

Corel Draw

Persiapan

1. Pilih foto terbaik anda. Manakah yang akan anda vector. Saya sarankan yang sederhana dan tidak butuh terlalu banyak tekstur.
2. Gunakan tools “Bezier” atau “Pen” untuk menggambar mata. Kali ini, saya akan mempraktekkan bagaimana membuat vector mata dengan “Bezier Tools”.
1-vector-corel
3. Buat garis dengan Bezier tools.
2-vector-corel
4. Kemudian ubah dengan tools curve. Gunakan “shape tools”, lalu klik pada garis yang ingin kita buat melengkung. Ketika sudah terseleksi garis tersebut, klik  “Convert Line To curve”. Kemudian drag garis hingga melengkung sesuai dengan garis mata.
3-vector-corel
4. Atau cara paling cepat, buat garis lengkung secara langsung dengan membuat garis lurus seperti cara diatas, tanpa melepas click kiri pada mouse, hingga garis dapat melengkung dan buat garis sesuai dengan garis mata.
4-vector-corel
5. Berikutnya adalah pewarnaan. Dalam tehnik pewarnaan diperlukan turunan warna. Turunan warna ini didapat dengan menggunakan “eyedropper tool”, tapi sebelumnya aktifkan “Dockercolour Window” dulu.
5-vector-corel
6. Lalu “Docker Colour Window” akan keluar disebelah kanan lembar kerja anda.
6-vector-corel
7. Smart Fill adalah  tools praktis untuk mewarnai bidang yang kita ingini dengan syarat bidang yang akan kita isi warnanya tidak boleh mengalami “kebocoran”. Contoh penggunaan smart fill, kali ini saya akan mewarnai bola mata dengan warna hitam dengan menggunakan smart fill:
7-vector-corel
8. Perhatikan bidang bulat yang melewati garis mata yang kita buat tadi. Saya buat melebihi dari garis mata agar sama bentuk bulat mata yang asli dengan bentuk mata yang akan kita vector nanti. Stepnya adalah, kita buat bulatan dengan “elipse tools” untuk membuat bidang yang bulat sempurna dengan menekan tombol CTRL ketika kita drag bidang bulat yang kita inginkan. Lalu sesuaikan bulatan yang belum terisi warna tersebut sampai sama dengan posisi bola mata sebenarnya. Klik  “Smart Fill”, kemudian klik pada object yang ingin anda isi warna. Apabila warna yang dihasilkan tidak seperti yang anda harapkan, bisa anda ganti warna sesuai yang anda kehendaki dengan klik panel warna yang ada. Klik kanan untuk mewarnai “outline/garis luar”, dan klik kiri untuk mewarnai “inline/bidang”.
9. Eyedropper adalah tools yang bisa kita gunakan untuk mencuri warna. Kita dapat ambil berbagai macam warna yang ada dalam bidang apapun. Meskipun object yang ingin kita ambil warnanya memiliki format bitmap maupun Vector.
8-vector-corel
10. Kali ini, eyedropper kita gunakan untuk mendapat turunan warna apa yang cocok untuk vector yang akan kita buat. Misalnya untuk pewarnaan kulit. Kita gunakan warna coklat tua hingga coklat muda. Turunan warna itu akan kita dapat dengan mengaktifkan Eyedroper dan klik pada daerah  yang ingin kita ketahui turunan warna apa saja yang ada, dan yang mungkin cocok sebagai warna vector kita. Warna yang diambil oleh “eyedropper” akan masuk kedalam “Docker Colour Window” yang berada disisi kanan lembar kerja anda.

Penerapan

1. Pertama, buat garis mata sesuai gambar asli.
9-vector-corel
2. Tumpuk dengan bidang bulat.
10-vector-corel
3. Gunakan smartfill. Warnai masing-masing bidangnya. Dan hapus bidang bulat yang berlebih.
11-vector-corel
4. Berikan sedikit perbedaan gelap terang pada sudut-sudut mata. Dengan menggunakan Bezier tools, smartfill, dan eyedropper jika diperlukan.
12-vector-corel
5. Tambahkan sedikit pemanis di bagian mata agar terlihat lebih hidup.
13-vector-corel
6. Sekarang buat sisi gelap terang di sekitar matanya. Gunakan Bezier tools, smart fill dan eyedroper untuk mendapatkan  warna yang sesuai warna aslinya.
14-vector-corel
7. Copy menjadi dua, lalu lakukan mirroring untuk kedua mata.
15-vector-corel
8. Buat pula bagian alis dengan Bezier tools.
16-vector-corel
9. Lihat hasil vector kita ketika dipasang background putih.
17-vector-corel
10. Vector di bagian mata sudah selesai. Anda dapat melanjutkan dengan secara berturut-turut membuat vektor untuk bagian bibir, hidung, wajah, kemudian sedikit bagian badan.
Cukup panjang ya? Meskipun demikian, saya harap prosesnya menyenangkan untuk anda ;-)





Sebenarnya popart lebih cepat dibuat di software-software berbasis vektor, sepertiAdobe IllustratorCorelDRAWFreehand, dan software lainnya yang sejenis. Bahkan kalau anda orang yang teliti dan bisa bersabar, membuat WPAP dengan Microsoft PAINT pun pasti bisa. :P
Video Tutorial Cara Membuat WPAP dengan Photoshop



Demikian sedikit pengenalan tentang WPAP, saya rasa banyak sekali kekurangannya jadi saya memohon maaf.
Belum ada ketentuan yang jelas mengenai bagaimana "sebaiknya" membuat WPAP. Mungkin hanya dari bapak Wedha sendiri yang bisa menjelaskannya.



Sumber :
 http://www.ahlidesain.com/tutorial-cara-membuat-wpap-dengan-photoshop.html , http://yusuf25765.blogspot.com/2013/08/edit-foto-biasa-menjadi-wedha-pop-art.html , http://mediabisnisonline.com/cara-membuat-foto-vektor-dengan-coreldraw/
http://yuliesunarya.blogspot.com/2014/01/tutorial-cara-buat-foto-wpap-dengan.html



Previous
Next Post »