Jumat, 22 Mei 2015

10 Fakta Anak Sulung

Anak sulung itu rada beda sama soto sulung. Kalau soto sulung itu enak, jadi anak sulung belum tentu enak. Jadi, sesudah mencerna dari sini dan situ, berikut 11 fakta unik yang berhasil dikumpulkan tentang anak sulung.
1. Anak Sulung Dilahirkan Untuk Belajar
Pernah tahu anak sulung yang semacam jadi tahu segalanya? Bisa jadi itu karena kelahiran mereka. Anak tertua umumnya ingin menjadi master, sedangkan akan kedua jadi pemenang. Termasuk juga kemungkinan untuk belajar. Sebuah penelitian bilang bahwa anak sulung punya peluang belajar lebih besar daripada saudaranya. Faktanya begitu, sih. Ada banyak kasus seorang anak sulung lulus kuliahnya cepat-cepat, tapi itu karena disuruh cepat lulus daripada berat-beratin beban orangtua.
2. Anak Sulung Mendapatkan Perhatian Lebih
Ah, sudahlah, nggak usah dibantah. Logika sederhana saja, ketika anak 1 dengan anak 2, perhatiannya besar mana? Seadil-adilnya perhatian ke anak ke-2, pasti anak ke-1 juga diperhatikan. Tapi waktu anak ke-1 ada, nggak ada yang mendistraksi perhatian orangtua dari dia. Apalagi kalau kemudan dihitung ke anak ke-2, ke-3, dan seterusnya.
3. Anak Sulung adalah Pemimpin Alami
Sudah pasti anak sulung menjadi figur berotoritas terhadap saudaranya. Sudah dilatih bahwa si Mas, Abang, Kakak, Mbak, itu akan dominan pada awalnya. Dan itulah yang terjadi kemudian. Bahwa kemudian ada adik yang lebih kharismatis tentunya itu lebih kepada faktor lingkungan.
4. Anak Sulung Umumnya Perfeksionis
Anak yang lebih mudah umumnya lebih santai dalam menghadapi hidup, beda sama anak sulung yang maunya serba perfect dengan membuat target yang tinggi bagi diri mereka sendiri. Tapi untungnya mereka bisa memotivasi diri sendiri untuk mencapai target yang tinggi itu. Kalau nggak, kan bisa gila.
5. Anak Sulung Tidak Nakal
Hampir pasti terjadi bahwa anak yang nakal itu bukan anak pertama. Anak sulung umumnya secara aktif mencari persetujuan dari orangtua dalam sebuah keputusan. Juga berpikir lebih jauh sebelum bertindak nakal. Makanya, orangtua lebih sering mengeluh, "adekmu itu..", daripada "abangmu itu.."
6. Anak Sulung Terkadang Kreatif
 
Jadi katanya, anak sulung itu lebih kreatif dibandingkan adiknya, ditambah fakta bahwa mereka itu katanya lebih smart. Ini hasil penelitian, kok. Jadi kalau ketemu anak sulung yang lebih pekok, ya tetap bakal ada.

7. Anak Sulung Peduli Pada Hal yang Dipikirkan Orang Lain
Entah kenapa, anak sulung itu banyak berpkir soal yang orang lain pikirkan terhadap dia. Jadi mereka akan bergerak, berupaya, dan bertindak sesuai yang dipikirkan orang lain. Beda dengan anak kedua dan seterusnya yang lebih bebas dalam menghadapi sesuatu. Mungkin saja karena mereka orangnya cenderung teroganisasi terkait dengan orang-orang lain di sekitarnya karena mereka sebenarnya individual. 
8. Anak Sulung Itu Ngebos!
Sudah jelas bahwa hampir semua anak sulung akan bertendensi bersikap layaknya bos. Mungkin karena kebiasaan. Apalagi kalau cewek, punya adik cowok. Wah, itu kebiasaan ngebos cowok dari kecil, menghadapi cowok lain di luaran ya biasa aja.
9. Anak Sulung Itu Penyakitan
Entah diabetes, asma, atau sekadar alergi, umumnya anak sulung lebih rentan terhadap itu. Salah satu penelitian bilang bahwa gen bergerak berbeda dibandingkan kelahiran lain. Lah, kan saya bingung kalau begitu. Tapi banyak fakta yang menunjukkan kalau si sulung itu secara bodi lemah.
10. Anak Sulung Itu Tangguh
Meski secara bodi lemah, tapi mereka tangguh karena penelitian bilang bahwa mereka cenderung nggak mudah stres dibandingkan adk-adiknya. Mereka juga lebih banting dalam menghadapi cobaan hidup.

Previous
Next Post »